Tips untuk Para Wanita: Cara Menjaga Kesehatan dari Organ Intim

tips kesehatanMenjaga kesehatan dari organ intim adalah hal yang wajib dilakukan oleh para wanita. Seperti yang kita tahu bahwa organ intim atau organ reproduksi pada wanita sangatlah penting untuk dijaga sebab ada berbagai macam penyakit seperti kanker serviks hingga kanker rahim yang disebabkan karena kelalaian seorang wanita dalam menjaga kesehatan organ intimnya. Oleh karena itu, Anda harus paham bagaimana cara menjaga kesehatan dari organ intim Anda.

Lantas, apa saja cara yang dapat Anda lakukan? Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak informasi mengenai cara merawat organ intim wanita, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

  1. Hindari sabun

Saat Anda membersihkan organ intim, Anda sebaiknya menghindari penggunaan sabun. Hal ini disebabkan karena kandungan yang ada pada sabun tidak baik bagi kesehatan organ intim Anda. Dalam hal ini, sabun bisa merusak keseimbangan pH pada organ intim Anda.

  1. Jaga kebersihan ketika Anda menstruasi

Ketika menstruasi, Anda harus selalu menjaga kebersihan dari organ intim Anda. Caranya ialah dengan rutin mengganti pembalut dengan yang baru. Terlalu lama tidak mengganti pembalut tidaklah baik sebab pembalut yang telah terpakai menjadi tempat perkembangan banyak bakteri.

  1. Hindari pembersih dengan parfum

Apabila Anda ingin membersihkan organ intim dengan pembersih khusus, Anda jangan pilih pembersih dengan kandungan parfum di dalamnya. Bahan kimia yang ada pada parfum bisa membahayakan kesehatan organ intim.

  1. Pakai celana katun

Selain itu, Anda pun sangat disarankan untuk memakai celana dalam berbahan katun. Bukan hanya mampu menyerap keringat dengan baik, bahan katun juga bisa membantu mengurangi infeksi pada daerah organ intim Anda.

  1. Cukur rambut daerah kemaluan

Ada juga hal lain yang jangan sampai terlupa yaitu Anda mencukur rambut yang ada pada sekitar daerah kemaluan. Rambut yang terlalu lebat berpotensi menjadi tempat berkembangnya bakteri yang berbahaya untuk organ intim.

  1. Kenakan celana longgar

Yang terakhir, celana longgar lebih disarankan daripada celana ketat. Hal ini dikarenakan oleh celana ketat bisa menyebabkan ruam serta infeksi.

Related posts: