Tips Kesehatan: Jangan Remehkan Miom

tips kesehatanPernahkah Anda mendengar mengenai miom? Inilah salah satu penyakit yang bisa membahayakan kesehatan organ reproduksi wanita, rahim. Ya, penyakit miom memang akan menyerang bagian rahim wanita. Karena adanya miom pada area rahim akan menimbulkan berbagai masalah seperti gangguan pada kehamilan (kasus sangat jarang terjadi), keguguran hingga kemandulan bisa terjadi, maka dari itu, Anda para wanita jangan remehkan penyakit yang satu ini.

Pada faktanya, ada 75% wanita terkena miom. Akan tetapi kebanyakan dari mereka tidak menyadari adanya miom pada rahim. Memang, untuk gejala miom sendiri terkadang tidak begitu terlihat sehingga tidak heran jika banyak wanita tidak menyadari ada pertumbuhan miom.

Lantas, apa itu miom? Miom ini bisa terjadi ketika ada pertumbuhan sel otot rahim yang tidak normal dan bertumbuh secara terus-menerus. Dikenal dengan nama lain seperti mioma, uteri fibroid dan leiomioma, penyakit ini termasuk dalam kategori tumor jinak, tapi bukan berarti harus disepelekan. Karena itulah pengetahuan tentang miom sebaiknya Anda pahami betul.

Pertama, ada beberapa gejala miom yang Anda sebaiknya tahu. Apa saja gejala tersebut? Simak saja ulasannya pada penjelasan di bawah ini.

  • Nyeri dan masa menstruasi yang tidak biasa

Apabila Anda lakukan nyeri yang tidak biasa saat menstruasi, Anda sebaiknya waspada. Selain itu, ketika masa menstruasi yang berlebihan pun menjadi gejala lain yang jangan sampai Anda remehkan. Karena itulah Anda harus segera periksakan diri ke dokter.

  • Nyeri perut bagian bawah

Karena rahim menjadi tempat dimana miom bisa tumbuh, maka dari itu penderita bisa rasakan nyeri perut pada bagian bawah. Untuk Anda yang sering rasakan hal ini padahal tidak sedang masa haid, lakukan pemeriksaan ke dokter menjadi hal yang wajib.

  • Nyeri saat berhubungan intim

Bukan hanya itu saja, nyeri ketika melakukan hubungan intim pun menjadi tanda bahwa ada masalah dengan organ reproduksi, salah satunya ialah adanya miom.

  • Masalah konstipasi dan buang air kecil

Ketika miom makin besar, miom akan menekan organ lain seperti rektum dan kandung kemih. Oleh karena itu, masalah konstipasi dan buang air kecil bisa terjadi.

Related posts: