Museum Manusia Purba Sangiran Tempat Wisata di Solo Edukatif

Wisata SoloDi dalam buku sejarah pada waktu sekolah dulu tentunya kita mendapatkan pelajaran mengenai keberadaan manusia purbakala. Tempat wisata di Solo yang satu ini sangatlah sayang untuk tidak dikunjungi, yaitu Museum Manusia Purba Sangiran. Tempat ini merupakan tujuan wisata yang cocok bagi para pencinta purbakala atau bagi para pelajar untuk tahu lebih dalam mengenai manusia purba yang ada di Indonesia. Benar sekali, dengan berkunjung ke museum ini banyak sekali hal yang bisa kita pelajari mengenai kehidupan manusia purba. Bahkan museum ini merupakan tempat penelitian manusia purba terlengkap di kawasan Asia, wow.

Tempat Wisata di Solo Sebagai Situs Peninggalan Warisan Purbakala

Sebagai salah satu tempat wisata di Solo yang menghadirkan peninggalan warisan purbakala tentunya selain sebagai tempat hiburan juga bisa dijadikan tempat edukasi. Museum situs purbakala terbesar dan terlengkap ini berlokasi di lembah Sungai Bengawan Solo atau sekitar 15 km di sebelah Utara kota Surakarta. Lokasi yang berada antara dua kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen ini masuk dalam situs warisan dunia UNESCO. Fosil purba yang pertama kali ditemukan di Sangiran adalah fosil dari manusia purba Pithecanthropus erectus oleh arkeolog asal Jerman yaitu Gustav Heinrich Ralph von Koenigswald.

Jika Anda berminat berkunjung sebenarnya cara mudah untuk sampai ke lokasi bisa Anda tempuh melalui Solo terutama jika Anda menggunakan kereta Anda akan turun di stasiun Balapan Solo. Sesampainya di sana Anda bisa menggunakan angkutan umum atau taksi untuk lebih mudah sampai ke lokasi. Sebelum masuk tentunya Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Lima Ribu Rupiah untuk setiap orangnya. Di dalam museum ini tentunya Anda akan disuguhkan berbagai macam replika manusia dan hewan purbakala yang bisa Anda pelajari. Serta keanekaragaman kehidupan jaman purbakala bisa Anda temukan di sini. Selain kelengkapan dari pajangan mengenai warisan purbakala yang tak kalah penting adalah disediakannya tempat untuk membeli cendera mata. Tentunya belumlah lengkap ketika Anda habis berkunjung pada setiap tempat wisata di Solo jika belum membeli cendera mata sebagai kenangan-kenangan.

Related posts: