Mengurangi Resiko Jerawat

tips kecantikanBagi sebagian orang yang tinggal di lingkungan tropis, khususnya di Negara Asia, jerawat merupakan salah satu masalah kulit terbesar yang keberadaannya dapat sangat mengganggu dan seringkali mengurangi rasa kepercayaan diri seseorang. Jerawat sering dianggap sebagai masalah kulit yang terkait dengan kebersihan. Dalam beberapa kasus, justru dapat menimbulkan rasa sakit yang lumayan merisaukan bagi penderitanya. Tentu saja memiliki wajah yang bersih dan bebas dari jerawat merupakan impian dari setiap orang, khususnya para remaja yang rentan terhadap serangan satu ini. Faktor hormonal sering dikaitkan dengan masalah ini dimana pencegahan dan upaya pengobatan terkait keluhan ini telah banyak dibahas dalam sesi diskusi baik di media cetak maupun media online. Berikut sedikit ulasan mengenai jerawat dan cara mengobatinya.

Tips Mencegah Jerawat Dengan Mudah

Jerawat pada dasarnya adalah kumpulan lemak dan bakteri yang terjebak dalam pori-pori kulit. Jika dibiarkan dalam waktu lama, gumpalan ini akan meradang dan muncul ke permukaan kulit. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memastikan kebersihan wajah dengan cara rajin mencuci muka sekurang-kurangnya tiga kali sehari. Pertama pada waktu pagi hari dimana setelah tidur malam, akan timbul minyak di sekitar kulit wajah, yang kedua ketika sore hari sehabis beraktivitas seharian di luar, dan yang terakhir adalah sebelum waktu tidur supaya mengurangi produksi minyak pada waktu tidur. Selain itu, perlu diperhatikan juga untuk mengonsumsi air minum dalam jumlah cukup untuk membuang racun dan zat sisa yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Air sebagai pelarut akan bekerja sangat baik dalam mengurangi resiko jerawat.

Di lain hal, sangat penting juga untuk menjaga pola tidur yang berkualitas dan cukup. Tidur selama delapan jam sehari akan membantu tubuh cukup beristirahat setelah seharian beraktivitas. Olahraga yang teratur juga bermanfaat untuk membuat system metabolism tubuh bekerja maksimal. Keringat yang diproduksi selama berolahraga juga membantu mengurangi resiko jerawat. Sementara itu, sangat penting untuk menghindarkan diri dari stres yang mampu mengubah system hormone seseorang sehingga dapat meningkatkan resiko munculnya jerawat. Memiliki pikiran yang jernih dan tidak berlarut pada pemikiran yang terlalu dalam akan lebih sehat.

Related posts: