Manfaat Serai sebagai Obat Tradisional

tips kesehatanObat tradisional memang banyak manfaatnya. Di zaman modern dengan kecanggihan obat seperti saat ini pun, obat tradisional masih juga dimanfaatkan. Salah satu bahan obat tradisional adalah serai. Serai dengan aroma harumnya mempunyai manfaat yang banyak bagi kesehatan. Keharuman serai membuatnya banyak dimanfaatkan sebagai bahan pokok sabun, minyak, atau lotion. Serai juga bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Kandungan anti mikroba dan antibakteri di dalam serai membuatnya mampu mencegah infeksi dengan sangat baik. Serai juga mengandung senyawa analgesik sehingga dapat mengatasi sakit kepala, nyeri otot, dan nyeri sendi. Serai juga memiliki manfaat sebagai penurun panas demam, mengobati batuk, meluruhkan dahak, dan obat kumur. Serai juga bisa dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh.

Memanfaatkan Serai untuk Obat Tradisional

Untuk mengobati batuk, Anda dapat memanfaatkan serai dengan merebus daun serai kering sebanyak lima puluh gram dengan air dua gelas. Panaskan terus sampai air tersisa setengah gelas, kemudian minum tiga kali dalam sehari. Atau dengan cara lain, Anda bisa menggunakan 5 gram akar serai. Rebuslah menggunakan air satu gelas sampai 15 menit. Ambil setengahnya untuk diminum pagi, dan sisakan setengahnya untuk sore hari. Serai juga dapat dimanfaatkan untuk sakit gigi. Caranya, rebus daun serai sebanyak 40 gram menggunakan air 2 gelas sampai tersisa setengah gelas. Berkumurlah dengan air rebusan tersebut. Manfaat lain dari serai adalah untuk mengatasi terkilir atau keseleo. Caranya, tumbuklah serai sebanyak 2 batang, kemiri 3 buah, dan campurkan dengan sedikit air. Panaskan dengan api, kemudian terapkan pada daerah tubuh yang keseleo atau terkilir.

Di samping manfaat-manfaat tadi, serai juga dapat bermanfaat untuk mengatasi penderita mag. Rebus serai sebanyak 40 gram dengan air 2 gelas hingga tersisa setengah gelas. Minumlah sehari 2 kali. Serai juga dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Caranya, campurkan daun serai dengan minyak zaitun, kemudian nyalakan lilin untuk menyebarkan aromanya. Aroma tersebut akan membuat nyamuk lari tunggang langgang. Walaupun banyak manfaatnya, serai tidak dianjurkan untuk digunakan oleh wanita hamil, karena dapat meningkatkan detak jantung.

Related posts: