Manfaat Dari Ubi Jalar Ungu

tips kesehatanUmbi-umbian banyak tumbuh didaerah tropis berbagai varian dari umbi-umbian seperti ubi kayu atau singkong, umbi Bengkoang, juga ada ubi jalar. Ubi jalar sendiri memiliki beberapa varian yaitu yang berwarna putih, kuning juga ungu. Namun yang akan kita bahas disini adalah ubi jalar ungu yang rasanya juga manis namun memang tidak semanis ubi madu. Biasanya dalam mengonsumsi ubi ungu akan direbus bersamaan dengan kulitnya hal ini memang sudah dilakukan sejak dahulu karena memang ubi jalan merupakan makanan tradisional namun memiliki begitu banyak manfaat.

Berikut adalah beberapa manfaat dari ubi ungu, yang pertama adalah dapat menyehatkan jantung karena zat antosianinnya yang berguna sebagai antioksidan sehingga dapat menjauhkan kita dari serangan jantung, stroke dan kerusakan hati. Dengan vitamin A dan betakaroten yang terkandung dalam ubi ungu membuat mata kita tetap sehat dan juga baik untuk kulit dan tulang. Ubi ungu juga mengandung vitamin C dan E yang mampu mencegah penyakit kardiovaskular (gangguan jantung dan pembuluh darah). Dengan mengonsumsi ubi ungu maka kita akan terhindar dari penyakit diabetes bahkan dapat mengatasinya. Karena ubi ungu sebagai pengganti asupan nasi yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain ubi kuning ubi ungu memiliki tingkat glycemic yang lebih rendah dari nasi atau roti sehingga dapat mengatur konsentrasi gula dalam tubuh.

Ubi ungu sebagai sumber karbohidrat sehingga dapat menggantikan nasi sebagai asupan sehari-hari. Ubi ungu juga rendah kalori, tanpa lemak dan kolesterol serta mengandung natrium walau jumlahnya sedikit sehingga akan baik bagi kesehatan tubuh. Dengan antioksidannya yang lebih tinggi 2,5 kali dari blueberry maka ubi ungu dapat mengendalikan sel kanker agar tidak tumbuh dan berkembang. Kemudian zat selenium dan iodine 20 kali lebih tinggi dari ubi yang lainnya sehingga sangat bermanfaat untuk anti kanker.

Dengan sifat ubi ungu yang mudah dicerna maka akan membantu meringankan kinerja pencernaan sehingga akan terhindar dari sakit perut. Vitamin A, B, C dan kalsium dapat meredakan radang perut.

Related posts: