Contoh Teks Anekdot Lucu Tema Sehari-Hari

contoh teks anekdotSeperti sudah diketahui khalayak umum bahwa sebuah teks anekdot lebih sering mengangkat sebuah cerita lucu dengan latar belakang kehidupan sehari-hari. Namun sebenarnya ada juga contoh teks anekdot lucu sehari-hari yang mengangkat sebuah latar belakang, seperti latar belakang pendidikan, politik, hukum, sosial dan lain-lain. Dengan tema-tema tersebut sebuah teks anekdot lucu tetap dapat dibangun tanpa memerlukan paragraf yang panjang dan langsung mempunyai makna yang ingin dicapai.

Contoh Teks Anekdot Lucu Yang Mengangkat Sebuah Tema

Berikut dapat dilihat contoh teks anekdot lucu yang mengangkat tema hukum. Di sebuah Fakultas Hukum, seorang dosen tengah mengisi mata kuliah Hukum Pidana, tiba-tiba Nia bertanya, “KUHP itu singkatan dari apa ya, Bu?” Menanggapi hal ini, Bu dosen ini malah bertanya kembali pada mahasiswa lainnya, Bella. “Saudari Bella, boleh saya dibantu untuk dijawab pertanyaan dari Saudari Nia?” Seketika dengan segera si Bella yang sedang serius menyimak kelas menjawab, “KUHP itu kependekan dari Kasih Uang Habis Perkara, Bu!”, tegasnya. Jawaban itu kontan membuat seluruh kelas menjadi riuh, Ibu dosen ini kembali bertanya pada Bella untuk membuat kelas menjadi kondusif kembali, “Saudari Bella, bisa dijelaskan darimana jawaban seperti itu?” Dasar mahasiswa kacau, pertanyaan Ibu dosen ini  dijawabnya pula dengan santai, “Kata Bahasa Inggris, pengalaman adalah guru yang terbaik, Bu!“ Kembali Ibu dosen ini geleng kepala.

Cerita di atas membangun sebuah gagasan unik yang menggambarkan sebuah contoh teks anekdot lucu dengan tema tertentu yang lucu. Struktur dalam cerita tersebut pun sangat baik, tidak menghilangkan struktur yang seharusnya ada dalam sebuah cerita anekdot. Pada cerita tersebut dapat dilihat dengan jelas abstrak diperkuliahan Hukum Pidana, orientasi Ibu dosen yang bertanya apa kepanjangan KUHP, krisis Bella membantu Nia menjawab “kasih uang habis perkara”, reaksi Mahasiswa lain pada tertawa dan Ibu dosen menambahkan pertanyaan pada si Bella, tentang darimana dia mendapat ide menjawab seperti itu, koda jawaban Bela dalam Bahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik. Pesan moral yang disampaikan secara lugas. Jadi dapat disimpulkan teks anekdot di atas bukanlah kelucuan yang tidak memiliki arti sama sekali melainkan sebuah teks anekdot yang memiliki pesan moral yang disampaikan secara lugas.

Related posts: