Budidaya Cacing Tanah Menguntungkan?

peluang usahaDalam memulai suatu usaha tentunya kita dihadapkan dengan kebingungan. Adapun bingung dalam memulai usaha yang cocok serta bingung terhadap kegagalan yang akan menimpa. Pemikiran seperti itu tentunya bukanlah pemikiran seorang usahawan. Jika cermat apa saja bisa menjadikan sebuah peluang usaha yang bisa mendatangkan keuntungan yang berlipat. Jika Anda masih bingung untuk memulai suatu usaha, sebaiknya Anda melirik usaha pada budidaya cacing tanah. Benar sekali, pangsa pasar untuk cacing tanah yang memiliki spesies nama latin Lumbricus rubellus ini sangatlah diminati. Terutama pada bidang pengobatan ataupun kosmetik.

Masa Panen Cacing Tanah Terbilang Singkat

Dalam hal pembudidayaan tentunya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Karena cacing jenis ini dapat berkembang biak dengan mudah. Hanya saja perlunya penanganan yang tepat dalam pembudidayaan. Dalam hal ini sebelumnya Anda bisa mencari referensi mengenai ternak cacing tanah baik itu dari orang ataupun membaca buku. Tentunya banyak pengetahuan yang didapat di sana. Namun, sebagai informasi singkat bahwa budidaya cacing tanah ini memiliki cara tersendiri supaya menghasilkan produk cacing yang berkualitas. Dalam memulai, usahakan pada pembibitan awal jangan menggunakan cacing liar. Dikarenakan cacing yang hidup liar belum tentu mempunyai kualitas bibit yang baik. Anda bisa dapatkan bibit cacing tersebut pada penjual, biasanya bibit yang dihasilkan berkualitas karena melalui beberapa proses tertentu.

Usahakan dalam memilih tempat jangan terkena sinar matahari langsung. Hal ini akan membuat cacing menjadi mudah mati terkena sinar matahari langsung. Dan kemungkinan kegagalan ternak cacing Anda akan semakin tinggi. Pilihlah atau buatlah tempat yang teduh dengan suhu berkisar 25 derajat celcius. Anda bisa gunakan tempat permanen untuk meletakkan bibit cacing yang tersusun dalam rak. Sebelumnya Anda bisa gunakan media yang mudah membusuk untuk perkembangan cacing ini. Untuk pergantian media cukup dilakukan dua minggu sekali saja. Supaya cacing yang dihasilkan berkualitas usahakan untuk selalu memberi pengawasan terhadap hama serangga seperti semut. Untuk memanennya pun cukup mudah dan singkat. Hanya perlu waktu kurang lebih 3 minggu saja Anda bisa memanen. Cukup singkat bukan?

Related posts: